//

Akankah BBM mengalahkan WhatsApp pada BB10?
Wednesday, January 09, 2013

RIM sedang mempersiapkan untuk peluncuran Blackberry 10 yang kabarnya akan di luncurkan pada tanggal 30 Januari tahun ini. Lalu apakah BBM yang baru akan mamapu melawan WhatsApp atau bahkan mengalahkannya?

Blackberry memiliki infrastruktur yang sangat besar untuk menjamin Ds dan Rs (Delivered dan Read) dengan benar. Sedangkan pada whatsapp seringkali terjadi delay atau tanda pesan terkirim seperti centang dua padahal tidak pernah terkirim. Di kutip dari media online, hal ini dikarenakan BBM menggunakan PIN sedangkan whatsapp menggunakan nomor HP sehingga jika terjadi ganguan jaringan BMM masih bisa berfungsi dengan baik, namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Pengalaman kami menggunakan WhatsApp di PC atau komputer no Hp hanya digunakan untuk verifikasi pada saat pendaftaran selebihnya menggunakan akses data.


Tech2.in.com



Masalah terbesar BBM adalah kompatibilitas dengan kata lain BBM hanya berjalan pada perangkat Blacberry. Sedangkan whatsapp dapat digunakan pada hampir semua jenis smartphone. Untuk menutupi kekurangan itu BBM menjanjikan BMM akan mendukung layanan voice dan video sehingga pengguna bisa melakukan panggilan dengan sesama pengguna BMM. BMM voice dan video saat ini hanya tersedia pada jaringan WiFi hal ini karena masih terbentur pada permasalahan regulasi.

Image Source


Disisi lain WhatsApp telah mengumumkan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk mengembangkan WhatsApp untuk BB10. Hal membuat persaingan antara keduanya semakin jelas terlihat. McCann  dari Blacberry menyebutkan "Masih banyak aplikasi seperti itu di luar sana yang lebih mereka sukai pada BlackBerry. contoh adalah Facebook Messenger"

Lanjut dikataknan banyak pertanyaan tidak masuk akal untuk membuat BBM pada perangkat lain, bahkan mungkin 'BBM Light' untuk platform lainnya?, setidaknya untuk saat ini. "BMM hanya untuk BlackBerry, BBM terbaik di BlackBerry," kata McCann. Apakah pengguna setuju? Anda akan tahu mulai 30 Januari, ketika BB10 diluncurkan.

Bagaimana menurut Anda? Apakah BBM pada BB10 tampaknya cukup menarik? Atau akan Anda masih lebih suka fungsi cross-platform pada WhatsApp?
Comments
6 Comments

Tips! Berkomentar : klik "Subscribe by email" untuk mengetahui balasannya.
Some HTML Alowed
  1. Anonymous9.1.13

    Mantabs Info menarik dan berguna sekali

    ReplyDelete
  2. wah boleh nih menu bar nya, kalau boleh tukar link ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bisa aja mas,,,,dengan senang hati bertukar link

      Delete
  3. Anonymous10.1.13

    keren templatenya mas..
    bagi-bagi dong, biar nanti saya download..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini cuman pake template standar blogspot, simple tenplate sob..cuma ubah-ubah background saja

      lihat disisni: http://gayatekno.blogspot.com/2013/01/membongkar-template-blogger.html

      Delete
  4. Anonymous11.1.13

    Assalaamu'alaikum wr.wb...

    Saya pengguna BB Torch dan tidak pernah menggunakan kemudahan BBM kerana tidak ramai yang menggunakan BB di tempat saya.

    Informasi yang mencerahkan untuk saya fahami tentang fungsi-fungsi yang memudahkan penggunanya.

    Salam kenal dan terima kasih sudah berkunjung.

    SITI FATIMAH AHMAD
    SARIKEI, SARAWAK

    ReplyDelete