//

Istilah Pada Web Hosting
Monday, December 24, 2012

Kapasitas disk - ini adalah jumlah ruang yang tersedia untuk menyimpan halaman website Anda, fi le gambar, e-mail, flash atau file multimedia, dan resource lainnya yang dibutuhkan website Anda.

Bandwidth/Transfer Data - ini adalah jumlah maksimum transfer data pada setiap account. Semakin banyak pengunjung yang Anda miliki, semakin besar transfer data yang diperlukan untuk memuat halamanweb dengan cepat, dan menampilkan semua fi le yang terkait. Transfer data biasanya dalam satuan gigabytes (GB), yaitu miliaran bytes, dan diberikan bulanan. Sebagai contoh, jika pengunjung rata-rata melihat 3 halaman HTML yang masing-masing berukuran 20 KB (ribuan bytes) dengan 8 gambar yang masing-masing berukuran 10 KB, dan mendapatkan 500 pengunjung per hari, maka Anda akan membutuhkan setidaknya (3 * 20 + 8 * 10) * 500 * 30 = 2.100.000 KB = 2,1 GB per bulan. Jika provider web hosting membatasi transfer data setiap bulannya, maka setelah batas tersebut tercapai, Anda akan dikenai biaya ekstra untuk transfer data tambahan yang seringkali harganya tidak murah.

CPU (Central Processing Unit atau Processor) - ini adalah ”otak” dari server web hosting yang memproses permintaan transfer data dan fi le ke browser pengunjung Anda. Shared hosting memiliki tenaga CPU paling sedikit, dan akan memproses halaman web lebih lambat dari virtual server. Virtual server akan lebih lambat dari dedicated server, yang bisa memiliki beberapa CPU.

networkcablingsolutions.net


Memory/RAM (Random Access Memory)- memory adalah kemampuan web server untuk menyimpan data dan mendukung pengaksesan data oleh pengguna. Di sinilah sistem menyimpan aplikasi dan data yang
sedang digunakan. Semakin tinggi memory, semakin banyak program dijalankan pada saat yang sama, dan semakin banyak pengunjung yang ditangani. Support - Anda mungkin berpikir bahwa setiap provider web hosting menawarkan support gratis, tapi ada banyak provider yang mengenakan biaya tambahan untuk
support, atau hanya menawarkan support lewat e-mail yang gratis, sedangkan support lewat telepon dikenakan biaya. Provider web hosting yang bonafi de akan memberikan support 24 x 7.

Alamat IP - alamat IP adalah alamat numerik untuk mengidentifi kasi perangkat pada jaringan atau Internet. Alamat IP statis atau dedicated pada situasi tertentu lebih menguntungkan. Jika ingin menambahkan e-commerce ke website, Anda akan membutuhkan sebuah alamat IP statis, jika ingin memiliki sertifi kat SSL
pribadi untuk memproses kartu kredit. Jika hendak mengubah web server, Anda bisa mengarahkan pengguna ke alamat IP statis daripada menunggu nama domain yang baru. Banyak provider web hosting
menggunakan alamat IP shared atau dinamis untuk semua website di server. Jika salah satu dari website tersebut diblokir oleh search engine atau daftar spam, website Anda akan terpengaruh dan dimasukkan sebagai salah satu pelaku.

SLA (Service Level Agreement) – SLA adalah jaminan ketersediaan, uptime, dan performa untuk website Anda. Jaminan uptime memberikan kompensasi jika uptime layanan tidak memenuhi standar persentase waktu yang tersedia dalam jangka waktu tertentu (biasanya per bulan). Umumnya, provider web hosting memberikan jaminan uptime 99,9%.

Shared Hosting - menggunakan satu server web hosting untuk website beberapa pelanggan. CPU, memory, dan resource server lainnya digunakan bersama oleh setiap website.

Virtual Hosting - menggunakan satu server web hosting untuk website beberapa pelanggan, tetapi dengan teknologi virtualisasi untuk membuat resource ”pribadi” yang terpisah untuk masingmasing website.

Dedicated Server - menggunakan satu server web hosting untuk website satu pelanggan. CPU, memory, dan resource server lainnya hanya digunakan oleh pelanggan itu sendiri.

sumber : PC Media
Comments
0 Comments
No comments
Tips! Berkomentar : klik "Subscribe by email" untuk mengetahui balasannya.
Some HTML Alowed

Post a Comment